CONTOH SOAL KASUS KEPERAWATAN ANAK II

Next
13.    An. H usia 3th oleh ibunya dbwa ke IGD RSUD karena mengalami edema pada wajah ,perut dan kaki, lalu keadaannya lemah ,membran mukosa kering, turgor buruk, muntah.
Masalah kep. yg prioritas adl ?
A. Kelebihan vol. Cairan
B. nutrisi kurg dr keb.tubuh
C. Gg body image
D. Ansietas
Jawaban (A)
14.    An.A usia 12 th mengeluh sulit untuk BAK, nafsu makan menurun, berat badan meningkat.
Pada pemeriksaan fisik terdapat edema ekstremitas dan facial.
Protein urine lebih dari 2g/m2/hr, kadar albumin kurang dari 2 gr.
Pada kasus diatas diagnosa yg sesuai adalah...
A. GNA
B. Omphalecel
C. Meningel
D. Nefrotic syndrom
Jawaban D
15.    3.  An.A usia 14tahun datang ke UGD RSUD dengan keluhan BAK berwarna merah seperti darah, dan BAK hanya sedikit, kemudian saat dilakukan pemeriksaan urinalisis didapat proteinuria 4,0 gram/dl. Masalah keperawatan apa yang terjadi ?
A. Perubahan eleminasi alvi
B. Resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit
C. Perubahan eleminasi urin
D. Gangguan Body Image
E. Betul semua
Jawaban : C
16.    An. H usia 3 tahn di bawa ibu ke IGD RSUD dengan keluhan oedem di wajah, perut, ekstremitas bawah, dab keadaan lemah, turgor kulit jelek, mukosa bibir  kering, dan mual muntah, masalah keperawatan pada kasus di atas adalah
a.    Nutrisi kurang dari kebutuhan
b.    Kelebihan cairan
c.    Kekurangan volume cairan
d.    Gangguan body image

Jawaban : D
17.    Seorang anak laki-laki usia 5 tahun dibawa ke UGD karena kejang sejak pagi hari. Anak demam sejak 4 hari yang lalu. Saat ini anak berada dalam kondisi letargi, suhu 40°C, kaku kuduk (+). Dilakukan pungsi lumbal dengan hasil cairan cerebrospinal keruh, leukosit 4.000, gula 10, protein 150. Apakah diagnosis pasien yang paling mungkin?
a. Encephalitis
b. Meningitis tuberkulosis
c. Deman Biasa
d. Meningitis bakterial
e. Meningitis jamur (JAWABAN A)
18.    Seorang anak usia 3 tahun dibawa ibubya ke UGD karena air kencingnya berwarna gelap dan wajahnya sembab. Ibu px berkata anaknya merasa nyeri waktu menelan, demam serta tenggorokkan terasa sakit 2 minggu yang lalu, tapi sekarang semua gejala tersebut sudah hilang. Dari hasil pemeriksaan fisik sekarang terdapat  oedem di wajah dan kaki. Dari hasil pemeriksaan kimia darah,terjadi peningkatan kreatinin dan urea darah serta penurunan albumin plasma. Pada pemeriksaan urine didapatkan proteinuria dan gross hematuria. Berdasarkan anamnesa dan pemeriksaan fisik serta laboratorium tersebut, pasien patut diduga menderita :

A. Glomerulonephritis

B. Nekrosis tubuler akut

C. Uretritis akut

D. Sistitis akut

E. Appendisitis

 jawaban A

19.    Seorang laki-laki berusia 9 tahun di rawat di ruang IGD dengan keluhan utama sesak nafas. hasil pengkajian :tekanan darah 90/70 mmHg, pernafasan 38x/mnt  nadi 102x/menit ,suhu 37°c .klien tampak letih ,kesadaran somnolen, sianosis, kulit pucat serta klien mengalami udem pada tungkai bawah. pertanyaan soal /apakah diagnosa keperawatan pada kasus tersebut :

A. penurunan ,urah jantung berhubungan dengan respon fisiologis otot jantung
B. perfusi jaringan tidak efektif berhubungan dengan menurunnya ,urah jantung
C. gangguan perfusi serebral berhubungan dengan penurunan aliran darah otak
D. gangguan pertukaran gas berhubungan dengan kongesti paru
E. Kelebihan volume ,airan berhubungan dengan retensi cairan

jawaban D

20.    Seorang anak laki* usia 5 th dibawa ibunya ke ugd karena mengeluh nyeri panggul dan oliguria hal diatas termasuk tanda gejala
A.hipertensi
B.GE
C.GNA
D.DNA
E .Anyang-anyangen
Jawab C

21.    Seorang anak perempuan berusia 5 tahun di rawat di rumah sakit dengan keluhan buang air besar encer, nyeri perut dan anak tampak lemas. Hasil pemeriksaan diperoleh data suhu 37,5 C, frekuensi nadi 98x/ menit, frekuensi nafas 30x/ menit, muntah 2 kali, mata tidak cekung, bising usus hiperaktif dan turgor kulit menurun. Hasil pemeriksaan laboratorium didapatkan natrium 131 mmol/L, kalium 8,3 mmol/L, chloride mmpl/L. Apakah rencana keperawatan yang paling tepat pada kasus di atas?
a.       Kaji tingkat skala nyeri
b.      Berikan kompres hangat
c.       Kaji tingkat aktivitas anak
d.      Berikan cairan dan elektrolit
e.       Berikan nutrisi sedikit tapi sering
JAWABAN : D

22.    Seorang anak perempuan usia 8 tahun dirawat di RS dengan diagnose medis gagal jantung kiri. Saat dikaji, perawat menemukan data: suhu 37 C, frekuensi nadi 111x/ menit, frekuensi nafas 37x/ menit, tekanan darah 90/60 mmHg, terdapat ronchi, anak tampak lemah dan mengeluh sesak. Selajutnya perawat segera mengatur posisi semi fowler pada anak. Manakah kriteria evaluasi yang tepat untuk pelaksanaan tindakan di atas?
a.    Keluhan sesak berkurang
b.    Frekuensi nadi menurun
c.    Tekanan darah normal
d.   Anak terlihat kuat
e.    Ronchi berkurang
Jawaban (E)

23.    An. Usia 10 thn datang ke IGD dengan keluhan BAK berwarna merah seperti darah, lalu BAKnya hanya sedikit, kemudian saat dilakukan pemeriksaan urinalisis didapat proteinuria 4,0 gram/dl. Masalah keperawatan apa yang terjadi
A. Perubahan eliminasi alvi
B. Resiko kekurangan volume cairan dan elektrolit
C. Perubahan eliminasi urine
D. Ggg body image
Jawaban = C

24.    An. A berusia 9 th datang ke IGD RSUD dengan keluhan BAK berwarna merah, lalu BAKnya hanya sedikit kemudian saat di lakukan pemeriksaan, didapat proteinuria 4.0 gram/dl
Masalah keperawatan apanyang terjadi
a.    Perubahan eleminasi Alvi
b.    Resiko kekurangan volume cairan
c.    Perubahan eleminasi urin
d.    Gangguan body image

Jawab : C

SOAL SOAL KASUS KEPERAWATAN ANAK LAINNYA KLIK DISINI
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://www.sekolahstikes.my.id/. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Komentar

Posting Komentar